Direktorat Pengembangan Program dan Teknologi Pendidikan pada tanggal 26 Juli 2019 bertempat di Common Class Room (CCR) Kampus IPB Darmaga. Mengadakan pelatihan “Blended Learning dengan Perspektif Pendidikan di Era Digital (Batch-1)

Tujuan dari Kegiatan ini adalah: (1). Mensosialisasikan rangkaian proses penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Rencana Pembelajaran Daring (RPD) dan Compact Materials Design  sebagai Bahan Ajar yang laik di-upload ke newlms.ipb.ac.id, (2). Memutakhirkan keterampilan  dosen dalam menyusun RPS dalam konteks pencapaian Learning Outcome, integrasi new literacy, dan digital learning (3).Memutakhirkan keterampilan  dosen dalam menyusun RPD terintegrasi RPS dalam konteks capaian Learning Outcome melalui blended learning (4). Memutakhirkan keterampilan dosen dalam teknik pembelajaran daring, terutama dalam peningkatan ragam dan penggunaan fitur moodle di   newlms.ipb.ac.id. dan  (5). Meningkatkan jumlah mata kuliah yang telah memutakhirkan penggunaan teknik dan fitur moodle, variasi pemaparan materi (tidak hanya materi dalam bentuk ppt/pdf tetapi juga dengan video dan audio lecture), video self-learning penunjang materi, kreativitas dan inovasi dalam penyajian  materi dengan memanfaatkan open resources dalam newlms.ipb.ac.id.

Output dari kegiatan ini adalah (1) Peningkatan jumlah dosen terlatih dan termutakhirkan dalam teknik pembelajaran daring; (2). Peningkatan jumlah dosen terlatih dan terampil dalam menyusun RPS dalam konteks pencapaian Learning Outcome, integrasi new literacy, dan digital learning;(3). Peningkatan jumlah dosen yang terampil dalam menyusun RPD dalam konteks capaian Learning Outcome melalui blended learning;(4). Peningkatan Jumlah compact instructional blended learning materials design yang di upload dalam newlms.ib.ac.id.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Sc dan dan diikuti oleh 140 dosen IPB. Dosen IPB yang mengikuti pelatihan berasal dari Faperta 12 orang, FKH 10 orang, FPIK 7 orang, Fahutan 15 orang, Fema 7 orang, Fateta 8 orang, FMIPA 27 orang, Fapet 3 orang, FEM 19 orang, PPKU 11 orang, Sekolah Bisnis 4 orang dan Sekolah Vokasi 27 orang.

Pelatihan terdiri atas sesi pagi sampai dengan siang yang dilaksanakan dalam kelas besar (panel) di Auditorium CCR, dan sesi siang setelah ishoma dibuat 3 kelas parallel untuk praktek/demo penggunaan newlms.ipb.ac.id. Nara sumber dalam pelatihan dari Direktorat Pengembangan Program dan Teknologi Pendidikan Ir.Lien Herlina, MSc, Dr. Yulin Lestari dan Ir. Sutrisno Koswara, MSi, dari Universitas Terbuka Dr. Ake Wihadanto, SE,MT. dan para dosen champions dalam pembelajaran daring IPB yaitu Ir. Qodarian Pramukanto, M.Si,, Dr. Drh. Ridi Arif,, Dr. Roni Nugraha, S.Si., M.Sc,  Priyanto, S.Hut., M.Si,, Dr. Rika Indri Astuti, M.Si, Dr. Anna Fariyanti, M.Si, Anna Vipta Resti Mauludyani, SP., M.Gizi, Risda Rizkillah, SE., M.Si, Ahmada Fadillah, SE., M.Si., M.Sc dan Walidatush Sholihah, S.Si., M.Kom.