Direktorat Pengembangan Program dan Teknologi Pendidikan pada tanggal 20-21 Mei 2019 bertempat di Swiss-Belhotel (sebelumnya bernama Salak Tower Hotel) Bogor mengadakan “TOT Pembelajaran Daring IPB melaui Blended Learning dengan Perspektif Pendidikan 4.0” dalam rangka Program Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi .

Tujuan dari Kegiatan ini adalah : (1). Mensosialisasikan rangkaian proses penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Rencana Pembelajaran Daring (RPD) dan Compact Materials Design sebagai Bahan Ajar yang laik di-upload ke NewLMS, (2). Memutakhirkan keterampilan dosen dalam menyusun RPS dalam konteks pencapaian Learning Outcome, integrasi new literacy, dan digital learning (3). Memutakhirkan keterampilan dosen dalam menyusun RPD terintegrasi RPS dalam konteks capaian Learning Outcome melalui blended learning (4). Coaching clinic penyusunan compact blended learning materials design yang di upload dalam sistem Newlms.ipb.ac.id, (5). Memutakhirkan ketrampilan dosen dalam teknik pembelajaran daring, terutama dalam peningkatan ragam dan penggunaan fitur moodle di newlms.ipb.ac.id. dan (6). Meningkatkan jumlah mata kuliah yang telah memutakhirkan penggunaan teknik dan fitur moodle, variasi pemaparan materi (tidak hanya materi dalam bentuk ppt/pdf tetapi juga dengan video dan audio lecture), video self learning penunjang materi, kreativitas dan inovasi dalam penyajian materi dalam newlms.ipb.ac.id.

Sedangkan output dari kegiatan ini adalah (1) Peningkatan jumlah dosen terlatih dan terampil dalam menyusun RPS dalam konteks pencapaian Learning Outcome, integrasi new literacy, dan digital learning (2). Peningkatan Jumlah dosen yang terampil dalam menyusun RPD dalam konteks capaian Learning Outcome melalui blended learning (3). Peningkatan Jumlah compact instructional blended learning materials design yang di upload dalam sistem New LMS dan (4). Peningkatanjumlah dosen terlatih dan termutakhirkan dalam teknik pembelajaran daring

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Sc dan dan diikuti oleh 40 dosen yang diseleksi 138 peserta pelatihan daring IPB kerjasama dengan Universitas terbuka yang telah dilaksanakan pada tahun 2018. Dalam kegiatan ini Rektor IPB Dr. Arif Satria juga berkenan hadir dan memberikan pengarahannya kepada para peserta kegiatan.