Dalam mendukung implementasi pembelajaran daring IPB, Direktorat Pengembangan Program dan Teknologi Pendidikan IPB pada tahun 2018 merancang dan malaksanakan kegiatan Pelatihan Pembelajaran Daring Bagi Dosen IPB bekerjasama dengan Universitas Terbuka (UT). Kegiatan Pelatihan Sistem Pembelajaran Daring ditujukan bagi dosen IPB, terutama dosen muda yang memiliki minat untuk mengembangkannya. Para dosen muda tersebut diharapkan dapat menularkan (agent of change for online learning) ketrampilan dalam mengimplementasikan pembelajaran daring kepada dosen IPB yang lain.
Kegiatan Pelatihan Pembelajaran daring untuk Dosen IPB tersebut , bertujuan untuk (1). Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dosen dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai hasil belajar peserta didiknya dalam pembelajaran daring, dan (2). Menerapkan pembelajaran daring dalam proses pembelajaran mata kuliah yang diampu. Sedangkan ke;uaran yang diharapkan dari pelaihan ini adalah (1). Termutahirkan pengetahuan dan ketrampilan dosen dalam pembelajaran daring, dan (2). Tersusunnya Rencana Pembelajaran Daring dan diimplementasikan dalam pembelajaran daring mata kuliah yang diampu
Pelaksanaan Pelatihan Pembelajaran Daring diawali dengan Pelaksanaan “Overview Pembelajaran Daring Menuju IPB 4.0” yang dilaksanakan pada Tanggal 5 Oktober 2018 di Kampus IPB Darmaga Bogor. Pelatihan ini diikuti oleh 148 peserta dosen IPB dari 148 Divisi yang ada di IPB. Pada Overview ini dipresentasikan 3 makalah yaitu (1). Pembelajaran Daring Menuju IPB 4.0 oleh Dr. Drajat Martianto, Wakil Dekan Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB (2). Konsep, Framework dan Jenis Pembelajaran Daring oleh Kartono/Tien Belawati dan (3). E-Learning and It’s prospect oleh Kartono/Benny A. Pribadi.
Kegiatan berikutnya Pelatihan “Pembelajaran dalam Jaringan” Institut Pertanian Bogor dan Universitas Terbuka (UT) telah dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 Oktober 2018 untuk sesi pelatihan kelas bertempat di Kampus UT Pondok Cabe Tanggerang. Sedangkan untuk tugas mandiri dilaksanakan selama 1 minggu setelah selesai pelatihan (23 Oktober 2018 – 1 Nopember 2018). Pelatihan dilaksanakan dalam dua kelas parallel per hari.
Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 138 orang yang merupakan dosen IPB perwakilan dari divisi di Departemen. Daftar peserta pelatihan dapat dilihat pada Lampiran 1. Pada pelatihan sesi kelas peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu untuk tanggal tanggal 23 Oktober 2018 berasal dari Fakultas A, B, C, D dan E yang diikuti oleh 70 Dosen dan untuk tanggal 24 Oktober 2018 diikuti Fakultas F, G, H dan I, sekolah bisnis dan vokasi, yang diikuti 68 Dosen.
Metode yang digunakan pada pelatihan terdiri atas presentasi nara sumber, diskusi, presentasi peserta dan demonstrasi/simulasi penggunaan moodle, dan pemberian tugas mandiri. Cakupan materi yang diberikan terdiri atas :

  1. Desain dan Pengembangan Bahan Pembelajaran
  2. Rencana Pembelajaran Daring (RPD) dan Rencana Kerja Pembelajaran Daring (RKPD)
  3. Instructional Analysis
  4. Blanded Pembelajaran Daring
  5. Pemanfaatan OER dan MOOCs
  6. Pengembangan Perencanaan Tugas (kisi-kisi tugas)
  7. Pengembangan Tugas Pembelajaran Daring
  8. Pengembangan Rubrik
  9. Pengenalan Fitur-fitur LMS Moodle