IPB Bergerak ke Pembelajaran Virtual

Direktorat Pengembangan Program dan Teknologi Pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan pelatihan “Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Virtual/Digital” di Hotel Salak Tower Bogor, Jawa Barat, (19-21/7).

Pelatihan ini sebagai respons terhadap globalisasi pendidikan tinggi di era Revolusi Industri 4.0 dan kecakapan/skills abad 21, sebagai upaya berkelanjutan IPB untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memutakhirkan kemampuan dosen dalam menyelenggarakan pembelajaran dengan mengintegrasikan Information Technology (IT fussion) dalam bentuk pembelajaran virtual atau digital atau daring dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS) IPB,” ujar Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dr Ir Drajat Martianto M Sc di hadapan 36 dosen dari berbagai Departemen di lingkungan IPB yang menjadi peserta dari kegiatan ini.

Siaran pers IPB yang diterima Republika.co.id, Selasa (31/7) menyebutkan, pelatihan ini diharapkan dapat lebih menguatkan awareness dosen akan kebutuhan pengembangan teknik mengajar melalui sistem blended learning.

“Output dari pelatihan ini adalah tersusunnya program mapping pembelajaran virtual/digital/daring untuk topik-topik tertentu yang relevan untuk diberikan dalam bentuk daring yang kemudian diintegrasikan ke dalam RPS (Rencana Pembelajaran Semester) satu mata kuliah,” ujar Drajat Martianto.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *